Tentang Nutrifood Research Grant 2019

  1. Apa itu Nutrifood Research Grant 2019?
    • Nutrifood Research Center Grant 2019 merupakan program bantuan dana penelitian yang diberikan bagi peneliti, dosen, dan mahasiswa untuk mendukung lahirnya penelitian terkait manajemen gula, garam dan lemak
  2. Apakah tema utama dari Nutrifood Research Grant 2019?
    • Tema yang diusung adalah “Membangun Indonesia yang Lebih Sehat melalui Penelitian Terkait Pembatasan Konsumsi Gula, Garam dan Lemak”
  3. Bagaimana cara Saya mendaftarkan pra-proposal NRC Grant 2019?
    • Rencanakan penelitian sesuai dengan tema dan rincian topik yang dapat dilihat disini
    • Buatlah pra-proposal sesuai dengan format yang dapat diunduh disini
    • Isi secara lengkap semua poin yang diminta pada form pendaftaran NRC Grant 2019 sesuai dengan ketentuan (termasuk upload pra-proposal penelitian), paling lambat tanggal 30 April 2019
    • Tunggu pengumuman seleksi pra-proposal melalui website NRC
  4. Bagaimana Saya bisa yakin jika pra-proposal sudah sampai ke panitia NRC Grant 2019?
    • Seluruh pra-proposal yang sudah diterima panitia NRC grant 2019 akan diumumkan di website pada awal Mei 2019 (beserta petunjuk lebih lanjut, jika pra-proposal yang Anda kirimkan tidak ditemukan pada daftar)

 

Tahap Seleksi

Penyelenggaraan dan seleksi Nutrifood Research Center Grant 2019 terdiri dari 5 tahapan utama, yaitu:

Jadwal Program

Tanggal Agenda Keterangan
11 Feb 2019 – 30 April 2019 Penyerahan pra-proposal (Softcopy) Pra-proposal diberikan dalam bentuk softcopy sesuai dengan ketentuan.
3 Juni 2019 Pengumuman seleksi pra-proposal Pemberitahuan ke peserta melalui website Nutrifood
3 Juni 2019 – 24 Juni 2019 Penyerahan proposal lengkap Penyerahan 4 buah hardcopy proposal lengkap sesuai dengan ketentuan.
Juli 2019 Pengumuman seleksi proposal Pemberitahuan ke peserta melalui website Nutrifood.
Juli – Agustus 2019 Online interview Presentasi & Sesi QA bersama panitia NRC grant mengenai garis besar proposal penelitian.
September 2019 Pengumuman finalis NRC grant 2019 Pemberitahuan ke peserta melalui website Nutrifood.
Oktober 2019 Presentasi proposal lengkap Finalis terpilih akan diundang ke Jakarta untuk presentasi proposal lengkap di hadapan para juri & panitia NRC grant 2019 (biaya transportasi dan akomodasi ditanggung pihak penyelenggara).
November 2019 Pengumuman pemenang Pemberitahuan ke peserta melalui website Nutrifood.
November 2019 Penganugerahan Grant Penganugerahan NRC Grant 2019.

 

Tentang pra-proposal penelitian

  1. Pra-proposal penelitian seperti apakah yang dapat Saya daftarkan untuk NRC Grant 2019?
    • Proposal penelitian yang didaftarkan untuk NRC Grant 2019 dapat berupa penelitian yang telah/ sedang dijalankan, maupun penelitian yang akan direncanakan namun belum dipublikasikan, tidak mendapatkan pendanaan dari pihak lain, memenuhi ketentuan secara legal, dan bersedia mengikuti jadwal pendanaan dari Nutrifood Research Center Grant.
  2. Apakah judul proposal penelitian yang Saya ajukan untuk NRC Grant 2019 boleh berbeda dari rincian topik yang ditentukan?
    • Judul proposal penelitian yang diajukan boleh berbeda / dikembangkan kembali selama sesuai dengan tema NRC Grant 2019, yaitu berkaitan dengan manajemen konsumsi gula, garam dan lemak (GGL).
  3. Apakah penelitian Saya yang didaftarkan untuk NRC Grant 2019 boleh dijadikan penelitian untuk skripsi/ tesis?
    • Ya. NRC Grant 2019 juga mendukung penelitian yang ditujukan sebagai skripsi/ tesis.
  4. Apakah Saya dapat membentuk tim yang terdiri dari S1, S2, dosen?
    • Ya. Tim yang dibentuk untuk NRC Grant 2019 dapat terdiri dari S1,S2 dan dosen sekaligus.
  5. Berapa maksimal jumlah orang dalam 1 tim?
    • Jumlah maksimal tim tidak dibatasi
  6. Apakah subjek penelitian harus dilakukan pada manusia?
    • NRC Grant 2019 tidak membatasi subjek penelitian.

 

Mekanisme dan sistem penilaian seleksi Nutrifood Research Grant

  1. Apa saja kriteria/ poin penilaian proposal yang dinilai oleh Tim Penilai?
    • Kriteria penilaian dari tim penguji meliputi noveltyconciseness, kesesuaian dengan topik, serta manfaat/ aplikasi penelitian untuk industri masyarakat
  2. Bagaimana mekanisme seleksi tahap 1 (pra-proposal)?
    • Setiap pra-proposal penelitian yang masuk akan melalui proses review, evaluasi dan penilaian
    • Peserta dengan pra-proposal yang memenuhi kriteria penilaian akan ditampilkan pada website Nutrifood untuk masuk ke tahap selanjutnya (pengumpulan proposal)
  3. Bagaimana mekanisme seleksi tahap 2 (proposal)?
    • Peserta akan diminta menyerahkan proposal lengkap dalam bentuk hardcopy sesuai dengan format dan ketentuan yang dapat diunduh disini
    • Setiap proposal penelitian yang masuk akan kembali melalui proses seleksi. Peserta dengan proposal yang memenuhi kriteria penilaian akan ditampilkan pada website Nutrifood untuk masuk ke tahap selanjutnya (online interview)
  4. Bagaimana mekanisme seleksi tahap 3 (online interview)?
    • Peserta akan dijadwalkan untuk melakukan online interview dengan panitia NRC grant 2019 untuk mempresentasikan secara garis besar isi proposal, beserta sesi tanya jawab singkat terkait topik proposal (detail ketentuan akan diinformasikan kemudian)
    • Peserta/ perwakilan tim yang terpilih pada seleksi tahap 3 akan diundang ke Jakarta untuk melakukan presentasi lebih lanjut
  5. Bagaimana transportasi dan akomodasi apabila Saya berasal dari luar kota? Apakah tiket dan akomodasi ditanggung oleh penyelenggara?
    • Tiket & akomodasi ditanggung oleh panitia Nutrifood Research Grant
  6. Bagaimana jika Saya lolos ke seleksi tahap 2 dan waktu wawancara bersamaan dengan waktu kuliah?
    • Nutrifood akan membantu membuatkan surat informasi atau permohonan dispensasi untuk dosen atau kampus peserta yang memerlukannya.

 

Publikasi

  1. Bagaimana sistem publikasi untuk penelitian yang didanai oleh Nutrifood Research Grant?
    • Penelitian yang didanai oleh Nutrifood Research Grant wajib dipublikasikan secara ilmiah; dalam bentuk jurnal, maupun konferensi ilmiah (detail diatur pada perjanjian kerja sama penelitian antara Nutrifood Research Center dengan penerima grant). Namun, perlu diingat bahwa penelitian tersebut menjadi hak milik Nutrifood Research Center. Oleh karena itu, publikasi penelitian yang dilakukan harus mendapatkan persetujuan pihak Nutrifood Research Center.
  2. Kemana Saya harus bertanya jika ada pertanyaan tambahan?
    • Apabila Anda memiliki pertanyaan yang belum tercantum pada daftar pertanyaan ini, Anda dapat menghubungi Nutrifood Research Grant via WhatsApp +62 896-8524-6598

 

Legalitas

Dengan membaca situs ini, anda dianggap menerima dan memahami syarat-syarat dan ketentuan-ketentuan yang berlaku dalam program Nutrifood Research Grant sebagaimana disebutkan dalam situs ini.

Setiap peserta menyatakan dan menjamin bahwa setiap dan seluruh informasi yang akan diberikan oleh peneliti kepada Nutrifood sehubungan dengan program Nutrifood Research Grant adalah akurat, lengkap, benar dalam segala hal, dan tidak menyesatkan, dan bahwa peneliti telah melakukan usaha yang cukup untuk memeriksa akurasi, kelengkapan, dan kebenaran dari informasi tersebut.

Peserta program Nutrifood Research Grant yang terpilih sebagai penerima dana penelitian wajib menandatangani perjanjian kerja sama penelitian dengan pihak Nutrifood Research Center.