Tahukah kamu, NutriFriends?
Berdasarkan data Sustainable Waste Indonesia tahun 2018, Indonesia diperkirakan menghasilkan 64 juta ton sampah per tahun. Besarnya jumlah sampah tersebut bersumber dari rumah tangga (48%), pasar tradisional (24%), kawasan komersial (9%) dan sisanya dari fasilitas publik. Dari jumlah sampah tersebut, hanya 7% yang berhasil didaur ulang, sedangkan 69% berakhir di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) dan 24% dibuang tanpa ijin.Kebayang dong betapa semakin menumpuknya sampah kita saat ini dan dampaknya bagi lingkungan?.
Terkait dengan kondisi tersebut, Nutrifood, Hero Group, dan Garnier berkolaborasi untuk membantu dalam mengurangi jumlah sampah kemasan melalui peluncuran program Dropbox Sampah Kemasan. Program peluncuran Dropbox Sampah Kemasan ini turut didukung oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI serta organisasi lingkungan Green Movement Indonesia, serta merupakan wujud dukungan sektor swasta terhadap PP RI No 97 tahun 2017 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga (Jakstranas).
Aksi kolaborasi ini diawali dengan penempatan lima Dropbox Sampah Kemasan di sejumlah gerai Giant di kawasan Bodetabek, antara lain Giant CBD Bintaro, Giant BSD City Serpong, Giant Harapan Indah Bekasi, Giant Tole Iskandar Depok, serta Giant Taman Yasmin Bogor. Jenis sampah yang dikumpulkan pada Dropbox Sampah Kemasan adalah valuable inorganic waste yang dibagi menjadi tiga kategori, yakni kategori sampah kemasan kertas seperti dupleks, kotak minuman, cup kertas, dus kosmetik dan sebagainya; kategori sampah kemasan plastik seperti botol plastik, gelas plastik, tube plastik, sachet atau bungkus plastik; serta kategori sampah kemasan kaca seperti botol kaca, toples kaca dan sebagainya.
Para narasumber yang hadir pada konferensi pers kali ini diantaranya Bapak Novrizal Tahar selaku Direktur Pengelolaan Sampah, Direktorat Jenderal PSLB3, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI; Bapak Diky Risbianto Head of Communication and Government Relations, Hero Supermarket; Ibu Angelique Dewi Head of Corporate Communication Nutrifood; Bapak Mohamad Fikri, CPD Communications Manager, L’Oréal Indonesia; Ibu Tasya Kamila selaku pendiri dari Green Movement Indonesia dan Duta Lingkungan Hidup, serta Bapak Herman dari Bank Sampah Rumah Harum Depok.
Kolaborasi program Dropbox Sampah Kemasan ini juga turut mendukung pencapaian target pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) lho NutriFriends, khususnya pada pilar lingkungan yang tertuang pada target 12 (responsible consumption and production), target 13 (climate action), target 14 (life below water), dan target 15 (life on land).
NutriFriends, yuk kita pilah sampah kemasan mulai dari sekarang, untuk Indonesia Bebas Sampah 2030.