FAQ – Nutrifood Leadership Award

A. Apa itu Nutrifood Leadership Award?

Nutrifood Leadership Award merupakan sebuah inisiatif dari Nutriood yang bertujuan untuk memberikan penghargaan untuk para mahasiswa Indonesia yang memiliki potensi dalam bidang kepemimpinan. Inisiatif ini bermula di tahun 2006 dengan nama Leadership Scholarship. Tahun 2018 ini, Nutrifood Leadership Award memasuki tahun ke-13 dengan misinya untuk terus mencetak pemimpin masa depan yang menginspirasi.

Hingga saat ini, alumni Nutrifood Leadership Award telah tersebar dan menerjunkan diri dalam berbagai bidang di perusahaan, insititusi pemerintah, maupun non pemerintah, baik nasional maupun multinasional, menjadi entrepreneur atau social-entrepreneur, serta melanjutkan pendidikan di dalam maupun luar negeri. Masing-masing mewujudkan tujuan hidup mereka dan berusaha menjadi pemimpin sejati dalam bidangnya.

B. Apa maksud dan tujuan dari Nutrifood Leadership Award 2018?

Nutrifood Leadership Award 2018 mengusung tema “Leading a Positive Change in Disruption Age“, dimana Nutrifood ingin mengapresiasi mahasiswa calon pemimpin masa depan Indonesia yang telah melakukan perubahan positif agar terus termotivasi menularkan semangat kebaikan di tengah perkembangan zaman yang semakin kompleks dan penuh ketidakpastian.

Aspek pengembangan diri tidak hanya didapatkan di bangku kuliah, sehingga program Nutrifood Leadership Award dapat menjadi sebuah kesempatan dan terobosan bagi mahasiswa untuk meningkatkan kapasitas diri dalam rangka berkontribusi lebih untuk masyarakat.

C. Apa saja persyaratan untuk mengikuti Nutrifood Leadership Award 2018?

  • Mahasiswa S1 minimal semester 2 dengan IPK minimal 3,00.
  • Menunjukkan potensi kepemimpinan di organisasi atau komunitas
  • Memiliki ketertarikan untuk berbagi dan belajar dari orang lain
  • Telah membawa perubahan positif pada lingkungan sekitar atau komunitasnya
  • Memiliki kepribadian yang baik, keinginan belajar yang tinggi, kemampuan komunikasi dan semangat kolaborasi yang tinggi, serta berintegritas.

D. Bagaimana prosedur pendaftaran Nutrifood Leadership Award 2018?

  • Silahkan mengisi form pendaftaran online di link INI paling lambat tanggal 23 September 2018
  • Untuk mengikuti perkembangan informasi mengenai Nutrifood Leadership Award 2018, silahkan follow akun social media Nutrifood, yaitu instagram @nutrifood atau simak melalui laman facebook Nutrifood.

E. Bagaimana mekanisme dan sistem penilaian seleksi Nutrifood Leadership Award 2018?

  1. Seleksi I (Administrasi)
  • Setiap formulir pendaftaran yang masuk akan dilihat, dinilai, serta dipertimbangkan.
  • Sebanyak kurang lebih 200 peserta yang dinyatakan lolos seleksi berkas akan diundang ke seleksi audisi sesuai dengan areanya masing-masing. Saat mendaftar, peserta diminta untuk memilih kota terdekat untuk mengikuti audisi apabila nanti terpilih.
  • Peserta yang lolos di tiap area akan dihubungi melalui e-mail dan daftar namanya ditampilkan dalam website Nutrifood pada akhir bulan September 2018.

 

  1. Seleksi II
  • Seleksi tahap II akan diadakan di 4 kota dengan rincian sebagai berikut (detail tempat akan diinformasikan kepada peserta terpilih):
AUDISI
1 Jakarta 6 Oktober 2018
2 Yogyakarta 13 Oktober 2018
3 Bandung 20 Oktober 2018
4 Surabaya 27 Oktober 2018

 

  • Setiap kota akan diikuti oleh kurang lebih 50 peserta. Dalam seleksi kali ini, peserta akan menjalani serangkaian tes tertulis dan FDG bersama dengan tim Nutrifood. Tes tertulis akan mengungkap potensi dasar leadership yang dimiliki serta topik dalam FDG akan berkaitan dengan isu-isu baik nasional dan internasional.
  • Selanjutnya akan dipilih maksimal 15 finalis yang berhak mengikuti rangkaian Karantina Nutrifood Leadership Award 2018 di Jakarta.
  1. Karantina Leadership Camp
  • Karantina akan diadakan pada 13 – 15 November 2018 di Jakarta
  • Rangkaian program ini berupa workshop kepemimpinan dan sharing yang akan dibawakan oleh sejumlah tokoh pemimpin yang inspiratif di Indonesia.

F. Bagaimana akomodasi dan transportasi selama pelaksanaan Nutrifood Leadership Award 2018?

  • Akomodasi dan transportasi saat audisi/seleksi ditanggung oleh peserta. Sedangkan akomodasi dan transportasi untuk karantina akan ditanggung oleh Nutrifood.

G. Apakah saya boleh memilih kota audisi apabila kampus saya tidak terletak di kota audisi tersebut?

  • Kami menyarankan kepada setiap peserta untuk memilih lokasi audisi yang paling dekat dengan posisi peserta. Hal ini untuk mempermudah akomodasi dan transportasi peserta masing-masing, namun pada dasarnya tidak ada larangan untuk memilih kota audisi lain apabila pada tanggal-tanggal tertentu peserta sedang bertugas atau berkegiatan lainnya.

Berikut adalah saran pemilihan kota audisi bagi peserta, peserta yang kampusnya terletak di luar area-area tersebut dipersilakan untuk memilih kota audisi terdekat.

Lokasi Kota Audisi
Surabaya, Malang, Jember, dan kota-kota di Jawa Timur / Indonesia Bagian Timur Surabaya
Yogyakarta, Semarang, Solo, Salatiga, Purwokerto, dan kota-kota di Jawa Tengah Yogyakarta
Bandung dan sekitarnya Bandung
Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Banten dan sekitarnya Jakarta

 

H. Apabila saya berhalangan pada saat seleksi audisi di salah satu kota, apakah saya boleh mengikuti audisi di Kota Audisi lain?

  • Jika berhalangan untuk hadir pada saat audisi di kota tertentu, tetapi peserta bersedia mengikuti audisi di kota lainnya, peserta dapat mengajukan perubahan lokasi. Form konfirmasi lokasi audisi akan dikirimkan kepada peserta yang mendapatkan tiket untuk audisi.

I. Apabila saya belum berhasil di salah satu seleksi audisi, apakah saya boleh mengikuti audisi di kota lain?

  • Peserta yang belum berhasil di salah satu seleksi audisi tidak dapat mengikuti audisi di kota lain. Peserta dapat mencobanya kembali pada penyelenggaraan tahun depan.

J. Apakah saya boleh mendaftar di lebih dari satu tempat seleksi audisi?

  • Peserta tidak diperkenankan mendaftar lebih dari satu tempat Peserta dipersilahkan menentukan satu kota seleksi audisi yang terdekat dengan lokasi peserta. Hanya saja apabila mendapatkan kesempatan untuk audisi, peserta dapat melakukan konfirmasi lokasi apabila berencana untuk berpindah.

K. Bagaimana jika saya lolos ke tahap karantina dan waktu karantina bersamaan dengan waktu kuliah?

  • Nutrifood akan membantu membuatkan surat informasi atau permohonan dispensasi untuk dosen atau kampus peserta yang memerlukannya.

L. Hadiah apa saja yang akan saya dapatkan dengan menjadi peserta karantina?

  • Peserta karantina akan mendapatkan hadiah berupa kelas/workshop dan pelatihan kepemimpinan dari professional trainer dan pemimpin-pemimpin inspiratif Indonesia. Dukungan finansial untuk pengembangan diri atau komunitas bagi yang meraih penghargaan 1, serta kesempatan coaching dengan CEO Nutrifood bagi yang meraih penghargaan 1 dan 2.

M. Apakah akan ada pemenang dalam Nutrifood Leadership Award 2018?

  • Pada dasarnya setiap peserta yang berani mendaftarkan diri hingga mereka mendapatkan kesempatan untuk mengikuti karantina final adalah para pemenang. Namun, Nutrifood Leadership Award akan menentukan peserta yang akan mendapatkan penghargaan 1 dan 2.

N. Ke mana saya harus bertanya jika ada pertanyaan tambahan?

  • Apabila memiliki pertanyaan yang tidak tercantum di daftar pertanyaan ini, dapat ditanyakan melalui instagram di @nutrifood , facebook page Nutrifood , atau e-mail nutrilead@nutrifood.co.id.